Kamis, 19 April 2012

PERAN UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA


MAKALAH  ILMU BUDAYA DASAR :
       Peran UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN
        NILAI-NILAI Budaya

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj945QR-G3tGyE59mEhB5kjUsDQiG_AY07oCxMzULuatWZXY1g5pI9qmdb1Rqr2-ICHD_GCfKZCTamDheqx2EcsUy5mfweDrX5Fr4JlQZAuv-n-gKjBqbtAqy02OdXDIjQC0Kl7ZLj0zdtY/s1600/GUNADARMA.jpg




NAMA : ARIO BAKTIYUDO
NPM : 11111165
KELAS : 1KA36






UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
JURUSAN SISTEM INFORMASI

Mata Kuliah  :  Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin




Topik Makalah

Peran UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN
NILAI-NILAI Budaya

 


Kelas  :  1-KA36

Tanggal Penyerahan Makalah : 18 April 2012
Tanggal Upload Makalah  :  19 April 2012



 

                                                            P E R N Y A T A A N


Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.



                                               P e n y u s u n



N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
11111165
ARIO BAKTIYUDO







                        Program Sarjana Sistem Informasi

 UNIVERSITAS GUNADARMA



KATA PENGANTAR






Puji Syukur saya panjatkan kepada ALLAH S.W.T. karena rahmatnya Alhamdulillah penyusunan makalah dengan judul “PERAN UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA” dapat saya selesaikan walaupun dengan beberapa hambatan. Tidak lupa juga saya sampaikan salawat serta salam kepada sari tauladan kita Rassulullah S.A.W., saya juga menyampaikan terima kasih kepada pihak – pihak yang telah membantu saya dalam menyelesaikan makalah ini dengan baik walaupun masih banyak kekurangan dalam makalah ini



Dalam makalah ini saya akan menampilkan fenomena Pelestarian Nilai-nilai Budaya di lembaga pendidikan khususnya di Universitas Gunadarma, Penulisan makalah ini bersumber pada media komunikasi internet, dari semua yang saya lihat sendiri di lingkungan Universitas Gunadarma serta dari pemikiran atau pendapat saya sendiri, segala masukkan dari luar adalah sebagai inspirasi saya tanpa ada niat untuk meniru karya tulisa Mahasiswa lain.


Mungkin dalam penulisan ini saya selaku penulis banyak terjadi kesalahan ataupun kurang tepat dalam penyampaian nya. Saya selaku penulis meminta maaf sebesar – besarnya jika memang terjadi kesalahan. Karena saya juga manusia, yang salah datang nya dari saya dan yang benar datangnya dari Allah. Jika ada kesalahan baik yang biasa hingga yang fatal kami mohon kritiknya untuk penyempurnaan makalah ini.





Terima Kasih




Jakarta, 18 April 2012






DAFTAR ISI



Lembar Pengesahan                            .........................................................................................1

Kata Pengantar                                   .........................................................................................2

Daftar Isi                                             .........................................................................................3

Bab I Pendahuluan                             .........................................................................................4

1.1 Latar Belakang                              .........................................................................................4

1.2 Tujuan                                           .........................................................................................5

1.3 Sasaran                                          .........................................................................................6

Bab II Permasalahan                           .........................................................................................7

2.1 Kekuatan (strength)                      .........................................................................................7

2.2 Kelemahan (Weakness)                 .........................................................................................9

2.3 Peluang (Opportunity)                  .......................................................................................10

2.4 Tantangan/Hambatan (Threats)     .......................................................................................11

Bab III Kesimpulan dan Rekomendasi .....................................................................................13

3.1 Kesimpulan                                   .......................................................................................13

3.2 Rekomendasi                                .......................................................................................13

Referensi                                             .......................................................................................15











BAB I

PENDAHULUAN

1.1   Latar belakang

Pelestarian nilai-nilai budaya dimulai dari lingkup masyarakat yang terkecil dahulu. Setelah dimulai dari lingkup keluarga kemudian pada lingkungan pendidikan. Seperti yang sedang dibahas dari Lingkungan pendidikan Perguruan Tinggi atau Universitas, khususnya Universitas Gunadarma.


Belakangan ini predikat Mahasiswa sebagai penerus tonggak Pemerintahan kedaulatan bangsa terganggu dengan aksi yang anarkis yang dilakukan Mahasiswa pada saat penolakan kebijakan-kebijakan Pemerintah. Ini termasuk penyelewengan nilai Budaya Indonesia yang menganut Musyawarahuntuk Mufakat.

Maka untuk itulah perlu dibentuk suatu peran Universitas dalam pelestarian nilai-nilai budaya dengan Mahasiswa sebagai Tokoh Utama serta Staf pengajar yang diharapkan dapat membimbing Peranan Universitas dalam pelestarian nilai-nilai budaya kepada mahasiswa dan masyarakat umum. Serta turut serta dalam andil dan tidak hanya berteori.



1.2   Tujuan

Tujuan utama penyusunan makalah ini disamping untuk memenuhi tugas kuliah dan mendapatkan nilai yang memuaskan dalam mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, ialah memberikan pandangan kepada masyarakat maupun teman – teman mahasiswa yang lain tentang permasalahan yang sering terjadi di masyarakat kita dalam Pelestarian nilai-nilai Budaya.


1.3  Sasaran

Makalah ini ditujukkan untuk semua pembaca, Khususnya para Mahasiswa Univrsitas Gunadarma  karena Generasi mudalah yang akan membangun bangsanya agar lebih memperhatikan kebudayaannya. Serta masyarakat lain untuk lebih menjaga dan mencitai Budaya Bangsa kita.





BAB II

PERMASALAHAN

Analisis permasalahan peran Universitas Gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai Budaya dengan  memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek , analisa ini terbagi atas 4 komponen yaitu :

  1. S = Strength (kekuatan) 
adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari Keadaan Kebudayaan pada saat ini di Universitas Gunadarma.
-          Adanya matakuliah softskill Ilmu Budaya Dasar yang bersifat mandiri dimana mahasiswa dituju untuk mengembangkan pikirannya mengenai budaya
-          Mengembangkan sikap saling menghargai terhadap nilai – nilai dan norma social yang berbeda – beda dari Mahasiswa
-          Mengembangkan rasa nasionalisme terutama melalui penghayatan wawasan berbangsa dan bernegara namun menghindari sikap chauvimisme yang akan mengarah pada sikap ekstrim dan menutup diri akan perbedaan yang ada pada mahasiswa
-          Memiliki kedudukan yang tinggi sebagai universitas terakreditasi


  1. W = Weakness (kelemahan)
adalah situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan dari Keadaan Kebudayaan  pada saat ini di Universitas Gunadarma.
-          Kesadaran mahasiswa untuk menjaga budaya daerah dewasa ini masih belum maksimal. Cenderung lebih memilih budaya asing yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan zaman
-          Terlalu focus dalam bidang tehnologi karena predikatnya sebagai universitas swasta terbaik dan terkemuka dalam bidang ICT (information communication technology) sehingga nilai-nilai budayanya kurang maximal
-          Kurangnya Seminar kebudayaan, meskipun terkadang universitas gunadarma mengadakan seminar kebudayaan namun yang dirasakan sangat minim, berbanding terbalik dengan seminar teknologi yang diadakan Universitas Gunadarma.
-          Adanya kelompok yang memisahkan dir


  1. O = Opportunity (kesempatan) 
adalah situasi atau kondisi yang merupakan kelemahan dari Keadaan Kebudayaan  pada saat ini di Universitas Gunadarma.
-          Perkembangan dunia IPTEK memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk melakukan segala aktifitasnya, termasuk memberikan kontribusi penting bagi perkembangan budaya
-          Mendongkrak kembali popularitas kebudayaan di ibukota
-          Dengan mempredikat universitas terkemuka, Universitas Gunadarma bias memperkuat jatidirinya tidak hanya dibidang teknologi tetapi juga budaya

  1. T =Threat (ancaman)
adalah situasi yang merupakan ancaman bagi Kebudayaan yang datang dari luar Kebudayaan dan dapat mengancam eksistensi Kebudayaan di masa depan
-          Tidak terkontrolnya organisasi mahasiswa , banyak yang belum di akui Universitas Gunadarma
-          Pengaruh lingkungan Sekitar Ibu Kota , banyak pergaulan yang mengarah ke sisi negative dapat membahayakan Mahasiswa Universitas Gunadarma.
-          Terhambatnya ketahan kebudayaan dari pola hidup yang sudah terera globalisasi
-          Kurangnya perhatian dari staff-staff pengajar kepada mahasiswa untuk melestarikan nilai-nilai budaya yang ada.


BAB III

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI


3.1   Kesimpulan
Memaximalkan kesadaran mahasiswa untuk tetap menjaga nilai-nilai budaya bangsa, contohnya dengan mengadakan Pentas-pentas seni Budaya Indonesia dan lain-lain, dan sebagai wahana terbentuknya perubahan Universitas Gunadarma berperan untuk membuat suatu perubahan di bidang seni dan mendorong setiap mahasiswa  dalam melsetarikan nilai-nilaibudaya.


3.2    Rekomendasi

-          Memperkokoh persatuan untuk saling bekerja sama dalam meningkatkan nilai-nilai budaya
-          Menyediakan ruang bagi para mahasiswa untuk menuangkat kreatifitas seninya.
-          Mengontrol dengan cermat organisasi mahasiswa masing-masing kejuruan agar tidak terjadi kesenjangan antar mahasiswa
-          Membuka kejuruan mahasiswa yang identik dengan nilai-nilai budaya



Referensi :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar