MAKALAH
ILMU BUDAYA DASAR :
Peran UNIVERSITAS
GUNADARMA DALAM PELESTARIAN
NILAI-NILAI Budaya
NAMA : ARIO BAKTIYUDO
NPM : 11111165
KELAS : 1KA36
UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
JURUSAN SISTEM INFORMASI
Mata Kuliah
: Ilmu Budaya Dasar
Dosen : Muhammad
Burhan Amin
Topik Makalah
Peran UNIVERSITAS
GUNADARMA DALAM PELESTARIAN
NILAI-NILAI
Budaya
Kelas : 1-KA36
Tanggal
Penyerahan Makalah : 18 April 2012
Tanggal Upload Makalah : 19 April
2012
P E R N Y A T A A N
Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan
dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari
tim / pihak lain.
Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat
nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.
P e n y u s u n
N P M
|
Nama
Lengkap
|
Tanda
Tangan
|
11111165
|
ARIO
BAKTIYUDO
|
|
Program Sarjana Sistem Informasi
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Puji Syukur saya
panjatkan kepada ALLAH S.W.T. karena rahmatnya Alhamdulillah penyusunan makalah
dengan judul “PERAN UNIVERSITAS GUNADARMA DALAM PELESTARIAN NILAI-NILAI BUDAYA”
dapat saya selesaikan walaupun dengan beberapa hambatan. Tidak lupa juga saya
sampaikan salawat serta salam kepada sari tauladan kita Rassulullah S.A.W.,
saya juga menyampaikan terima kasih kepada pihak – pihak yang telah membantu
saya dalam menyelesaikan makalah ini dengan baik walaupun masih banyak kekurangan
dalam makalah ini
Dalam makalah ini saya
akan menampilkan fenomena Pelestarian Nilai-nilai Budaya di lembaga pendidikan
khususnya di Universitas Gunadarma, Penulisan makalah ini bersumber pada media
komunikasi internet, dari semua yang saya lihat sendiri di lingkungan
Universitas Gunadarma serta dari pemikiran atau pendapat saya sendiri, segala
masukkan dari luar adalah sebagai inspirasi saya tanpa ada niat untuk meniru
karya tulisa Mahasiswa lain.
Mungkin dalam
penulisan ini saya selaku penulis banyak terjadi kesalahan ataupun kurang tepat
dalam penyampaian nya. Saya selaku penulis meminta maaf sebesar – besarnya jika
memang terjadi kesalahan. Karena saya juga manusia, yang salah datang nya dari
saya dan yang benar datangnya dari Allah. Jika ada kesalahan baik yang biasa
hingga yang fatal kami mohon kritiknya untuk penyempurnaan makalah ini.
Terima Kasih
Jakarta, 18 April 2012
DAFTAR ISI
Lembar Pengesahan .........................................................................................1
Kata Pengantar .........................................................................................2
Daftar Isi .........................................................................................3
Bab I Pendahuluan .........................................................................................4
1.1 Latar Belakang .........................................................................................4
1.2 Tujuan .........................................................................................5
1.3 Sasaran .........................................................................................6
Bab II Permasalahan .........................................................................................7
2.1 Kekuatan (strength) .........................................................................................7
2.2 Kelemahan (Weakness) .........................................................................................9
2.3 Peluang (Opportunity) .......................................................................................10
2.4 Tantangan/Hambatan (Threats) .......................................................................................11
Bab III Kesimpulan dan Rekomendasi .....................................................................................13
3.1 Kesimpulan .......................................................................................13
3.2 Rekomendasi .......................................................................................13
Referensi .......................................................................................15
Lembar Pengesahan .........................................................................................1
Kata Pengantar .........................................................................................2
Daftar Isi .........................................................................................3
Bab I Pendahuluan .........................................................................................4
1.1 Latar Belakang .........................................................................................4
1.2 Tujuan .........................................................................................5
1.3 Sasaran .........................................................................................6
Bab II Permasalahan .........................................................................................7
2.1 Kekuatan (strength) .........................................................................................7
2.2 Kelemahan (Weakness) .........................................................................................9
2.3 Peluang (Opportunity) .......................................................................................10
2.4 Tantangan/Hambatan (Threats) .......................................................................................11
Bab III Kesimpulan dan Rekomendasi .....................................................................................13
3.1 Kesimpulan .......................................................................................13
3.2 Rekomendasi .......................................................................................13
Referensi .......................................................................................15
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Pelestarian nilai-nilai budaya dimulai dari
lingkup masyarakat yang terkecil dahulu. Setelah dimulai dari lingkup keluarga
kemudian pada lingkungan pendidikan. Seperti yang sedang dibahas dari
Lingkungan pendidikan Perguruan Tinggi atau Universitas, khususnya Universitas
Gunadarma.
Belakangan ini predikat Mahasiswa sebagai penerus
tonggak Pemerintahan kedaulatan bangsa terganggu dengan aksi yang anarkis yang
dilakukan Mahasiswa pada saat penolakan kebijakan-kebijakan Pemerintah. Ini
termasuk penyelewengan nilai Budaya Indonesia yang menganut Musyawarahuntuk
Mufakat.
Maka untuk itulah perlu dibentuk suatu peran
Universitas dalam pelestarian nilai-nilai budaya dengan Mahasiswa sebagai Tokoh
Utama serta Staf pengajar yang diharapkan dapat membimbing Peranan Universitas
dalam pelestarian nilai-nilai budaya kepada mahasiswa dan masyarakat umum.
Serta turut serta dalam andil dan tidak hanya berteori.
1.2 Tujuan
Tujuan utama penyusunan makalah ini disamping untuk memenuhi tugas kuliah
dan mendapatkan nilai yang memuaskan dalam mata kuliah Ilmu Budaya Dasar, ialah
memberikan pandangan kepada masyarakat maupun teman – teman mahasiswa yang lain
tentang permasalahan yang sering terjadi di masyarakat kita dalam Pelestarian
nilai-nilai Budaya.
1.3 Sasaran
Makalah ini ditujukkan untuk semua pembaca, Khususnya para Mahasiswa
Univrsitas Gunadarma karena Generasi
mudalah yang akan membangun bangsanya agar lebih memperhatikan kebudayaannya.
Serta masyarakat lain untuk lebih menjaga dan mencitai Budaya Bangsa kita.
BAB II
PERMASALAHAN
Analisis permasalahan
peran Universitas Gunadarma dalam pelestarian nilai-nilai Budaya dengan memperhatikan dan mempertimbangkan kondisi
lingkungan internal maupun eksternal dilihat dari aspek , analisa ini terbagi
atas 4 komponen yaitu :
- S = Strength (kekuatan)
adalah situasi atau kondisi yang merupakan
kekuatan dari Keadaan Kebudayaan pada saat ini di Universitas Gunadarma.
-
Adanya matakuliah softskill
Ilmu Budaya Dasar yang bersifat mandiri dimana mahasiswa dituju untuk
mengembangkan pikirannya mengenai budaya
-
Mengembangkan sikap saling
menghargai terhadap nilai – nilai dan norma social yang berbeda – beda dari Mahasiswa
-
Mengembangkan rasa nasionalisme
terutama melalui penghayatan wawasan berbangsa dan bernegara namun menghindari
sikap chauvimisme yang akan mengarah pada sikap ekstrim dan menutup diri akan
perbedaan yang ada pada mahasiswa
-
Memiliki kedudukan yang tinggi
sebagai universitas terakreditasi
- W = Weakness (kelemahan)
adalah situasi atau kondisi yang merupakan
kelemahan dari Keadaan Kebudayaan pada saat ini di Universitas Gunadarma.
-
Kesadaran mahasiswa untuk
menjaga budaya daerah dewasa ini masih belum maksimal. Cenderung lebih memilih
budaya asing yang lebih praktis dan sesuai dengan perkembangan zaman
-
Terlalu focus dalam bidang
tehnologi karena predikatnya sebagai universitas swasta terbaik dan terkemuka
dalam bidang ICT (information communication technology) sehingga nilai-nilai
budayanya kurang maximal
-
Kurangnya Seminar kebudayaan,
meskipun terkadang universitas gunadarma mengadakan seminar kebudayaan namun
yang dirasakan sangat minim, berbanding terbalik dengan seminar teknologi yang
diadakan Universitas Gunadarma.
-
Adanya kelompok yang memisahkan
dir
- O = Opportunity (kesempatan)
adalah situasi atau kondisi yang merupakan
kelemahan dari Keadaan Kebudayaan pada saat ini di Universitas Gunadarma.
-
Perkembangan dunia IPTEK
memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk melakukan segala aktifitasnya,
termasuk memberikan kontribusi penting bagi perkembangan budaya
-
Mendongkrak kembali popularitas
kebudayaan di ibukota
-
Dengan mempredikat universitas
terkemuka, Universitas Gunadarma bias memperkuat jatidirinya tidak hanya
dibidang teknologi tetapi juga budaya
- T =Threat (ancaman)
adalah situasi yang merupakan ancaman bagi
Kebudayaan yang datang dari luar Kebudayaan dan dapat mengancam eksistensi
Kebudayaan di masa depan
-
Tidak terkontrolnya organisasi
mahasiswa , banyak yang belum di akui Universitas Gunadarma
-
Pengaruh lingkungan Sekitar Ibu
Kota , banyak pergaulan yang mengarah ke sisi negative dapat membahayakan
Mahasiswa Universitas Gunadarma.
-
Terhambatnya ketahan kebudayaan
dari pola hidup yang sudah terera globalisasi
-
Kurangnya perhatian dari
staff-staff pengajar kepada mahasiswa untuk melestarikan nilai-nilai budaya
yang ada.
BAB III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
3.1 Kesimpulan
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
3.1 Kesimpulan
Memaximalkan
kesadaran mahasiswa untuk tetap menjaga nilai-nilai budaya bangsa, contohnya
dengan mengadakan Pentas-pentas seni Budaya Indonesia dan lain-lain, dan
sebagai wahana terbentuknya perubahan Universitas Gunadarma berperan untuk
membuat suatu perubahan di bidang seni dan mendorong setiap mahasiswa dalam melsetarikan nilai-nilaibudaya.
3.2 Rekomendasi
-
Memperkokoh
persatuan untuk saling bekerja sama dalam meningkatkan nilai-nilai budaya
-
Menyediakan
ruang bagi para mahasiswa untuk menuangkat kreatifitas seninya.
-
Mengontrol
dengan cermat organisasi mahasiswa masing-masing kejuruan agar tidak terjadi
kesenjangan antar mahasiswa
-
Membuka
kejuruan mahasiswa yang identik dengan nilai-nilai budaya
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar